BIN: BG Jadi Aktor Penting Pertemuan Megawati dan Prabowo

0
22
Megawati Soekarnoputri terlengkap di www.kumparan.com
Megawati Soekarnoputri terlengkap di www.kumparan.com

Nama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) disebut menjadi salah satu aktor di balik pertemuan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto. BIN membenarkan jika BG menjadi salah satu aktor penting di balik pertemuan tersebut.

“Iya (menjadi salah satu aktor penting pertemuan Megawati – Prabowo), otomatis demikian karena memang menjadi tugas, jadi ini tidak lepas dari tugas pokok dan fungsi daripada intelijen untuk tetap mempersatukan republik ini,” ujar juru bicara BIN, Wawan Hari Purwanto, saat dimintai konfirmasi, Rabu (24/7/2019).

Menurut Wawan, BG sebagai kepala BIN memiliki tugas untuk tetap menjaga keutuhan NKRI khususnya pasca-Pilpres 2019. Dia pun menegaskan BIN menjadi salah satu yang terdepan jika NKRI terancam dengan perpecahan.

“Jadi karena ini menjadi salah satu tugas, hingga mau nggak mau Kepala BIN harus menjadi garda depan mengambil langkah-langkah strategis, karena itu menjadi prioritas dalam rangka menjaga keutuhan NKRI. Karena NKRI itu mahal harganya kalau sampai terpecah belah,” katanya.

Diungkapkan Wawan, segala upaya dilakukan oleh BG untuk mencari cara agar ada titik temu pertemuan Megawati dan Prabowo.

“Kesulitan-kesulitan (untuk mempertemukan Megawati-Prabowo) dan hambatan-hambatan harus juga digali sedemikian rupa sehingga semuanya menjadi cair dan enak. Kita tahu semua pihak sebetulnya ingin negeri kita menjadi negeri yang kuat,” tuturnya.

Wawan juga kembali mengingatkan bahwa rekonsiliasi yang dilakukan dengan mempertemukan para elite politik yang bertarung pada Pilpres 2019 menjadi penting. Hal ini karena kontestasi dalam politik merupakan hal yang biasa.

“Nah, itulah sebabnya maka Kepala BIN mengambil langkah-langkah strategis untuk supaya semua pihak bisa bertemu dan bisa menjaga kepentingan nasional dan menjaga keutuhan bangsa,” imbuhnya.

Ditanya terkait cerita di balik BG mempertemukan Megawati dengan Prabowo, Wawan mengatakan jika antara Megawati dan Prabowo sudah ada komunikasi yang baik sebelumnya. Hal ini membuat BG mudah dalam mendorong dan mengupayakan agar komunikasi untuk pertemuan dalam rekonsiliasi terjalin dengan baik.

“Karena komunikasi yang baik akan menghindari yang namanya miskomunikasi, oleh karena itulah makanya ada kesepakatan untuk ada suatu titik temu dan kita tetap memegang komitmen bahwa semua harus duduk bersama dan membicarakan kepentingan rakyat banyak, kepentingan seluruh bangsa ini menjadi sebuah satu pertemuan yang kondusif yang akhirnya semua terjaga,” tuturnya.

Nama BG disebut sebagai salah satu aktor di balik pertemuan Megawati dan Prabowo. BG juga ada dalam pertemuan tersebut. Waketum Gerindra Arief Poyuono bahkan memuji sosok BG di balik pertemuan itu.

“Ada Budi Gunawan ya dalam pertemuan Mega-Prabowo. Memang top Mas BG sebagai komunikator politik yang berkelas,” kata Poyuono dalam keterangannya, Rabu (24/7).

Bukan tanpa alasan Poyuono menyoroti kehadiran BG dalam pertemuan Mega dengan Prabowo. Saat Prabowo bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di stasiun MRT pada pertengahan Juli lalu, BG turut hadir.

“Di MRT, pertemuan Prabowo-Joko Widodo juga ada Mas BG, sang komunikator politik berkelas, yang sudah tidak diragukan kemampuannya menjembatani adanya dialog antarpemimpin nasional yang beda jalan dan arah politiknya dalam membangun Indonesia,” sebut Poyuono.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko WidodoMa’ruf AminKPKAgus Harimurti YudhoyonoSusilo Bambang YudhoyonoSBYMegawati SoekarnoputriRidwan KamilAnies BaswedanSusi PudjiastutiGanjar PranowoGibran RakabumingIriana JokowiWirantoPolriLowongan KerjaHarga EmasTimnas IndonesiaHabib RizieqMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib BandungPersija Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here