Ridwan Kamil Desak Bupati dan Wali Kota Cegah Kekeringan

0
17
Ridwan Kamil terlengkap di kumparan.com
Ridwan Kamil terlengkap di kumparan.com

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta pemerintah daerah aktif mengantisipasi kekeringan dampak musim kemarau.

“Saya sudah koordinasi dengan bupati dan wali kota untuk mengantisipasi kekeringan. Pemerintah harus memastikan suplai air bersih tak terhalangi,” kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (3/7/2019).

Ridwan Kamil menginstruksikan Pemda menyiapkan solusi kalau terjadi kesulitan air bersih di masyarakat. Salah satunya dengan menurunkan mobil tanki di setiap PDAM untuk memasok air bersih bagi masyarakat.

“Sediakan truk-truk PDAM untuk memberi air ke masyarakat. Itu harus dilakukan,” ungkap dia.

Tidak hanya soal air bersih, Ridwan Kamil juga mengingatkan kebutuhan pengairan lahan pertanian. Ia menyarankan para petani lebih menghemat penggunaan irigasi agar tak mengalami kekeringan.

“Untuk irigasi, kita akan menyesuaikan pengaturan debit air. Yang dulu gede, kita atur lebih efisien, sehingga persawahan-persawahan bisa mendapatkan air, walau tak semaksimal sebelumnya,” tutur dia.

Sebagai langkah antisipasi, Pemprov Jabar juga akan mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk melakukan rekayasa iklim. Sehingga, kebutuhan untuk air bersih dan irigasi tetap terpenuhi di musim kemarau.

“Dulu juga dilakukan untuk meningkatkan jumlah intensitas air hujan,” ujar RK.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko WidodoMa’ruf AminKPKAgus Harimurti YudhoyonoSusilo Bambang YudhoyonoSBYMegawati SoekarnoputriRidwan KamilAnies BaswedanSusi PudjiastutiGanjar PranowoGibran RakabumingIriana JokowiWirantoPolriLowongan KerjaHarga EmasTimnas IndonesiaHabib RizieqMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib BandungPersija Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here