Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Pemanfaatan Tanah di Hutan

0
42
Joko Widodo
Joko Widodo terlengkap di kumparan.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas membahas pemanfaatan tanah dalam kawasan hutan. Jokowi menekankan pentingnya pemanfaatan tanah untuk masyarakat di sekitar kawasan hutan.

“Perlu saya ingatkan, bahwa kebijakan pemanfaatan tanah di kawasan hutan ini sangat penting dalam rangka memberikan perlindungan hukum terutama kepada rakyat yang memanfaatkan bidang tanah yang ada di kawasan hutan,” ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019). Dalam rapat kali ini, Jokowi masih tampak mengenakan batik Korpri.

Joko Widodo mencontohkan saat ia bertemu seorang warga di Bengkulu yang terjadi sengketa lahan di kampungnya karena perusahaan swasta diberikan konsesi lahan.

“Saat saya terakhir ke Bengkulu bertemu dengan seorang warga yang sebetulnya kampungnya sudah kampung lama, kemudian ada swasta yang diberi hak konsesi sehingga kampung ini masuk dalam konsesi itu, sehingga menjadi sengketa,” kata Jokowi.
Begitu juga kampung-kampung yang ada di kawasan Perhutani di mana warga harus meminta izin terlebih dahulu ke pemilik lahan guna memperbaiki jalan kampung. Oleh karenanya, Jokowi meminta pendataan tanah-tanah di kawasan hutan mesti dipercepat.

“Hal-hal seperti ini yang saya kira harus cepat diselesaikan. Yang pertama, saya kira pendataan dan penataan tanah-tanah di kawasan hutan harus dipercepat agar rakyat dapat manfaat, masyarakat hukum adat, masyarakat ulayat juga mendapatkan manfaat dari kegiatan ini kemudian inventarisasi dan verifikasi penguasaan tanah dalam kawasan hutan,” kata Jokowi.

Turut hadir dalam rapat terbatas yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri LHK Siti Nurbaya, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, hingga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko Widodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here