Jokowi – Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga Miliki Visi Misi yang Dinilai Mirip

0
90

Visi-misi yang ditawarkan pasangan calon Jokowi – Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinilai tak jauh berbeda. Poin-poin yang terdapat dalam visi-misi tersebut memiliki substansi yang saling beririsan satu sama lain.

Analis politik dari Exposit Strategic Arif Susanto mengatakan, kemiripan visi-misi Joko Widodo-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga terlihat dari replikasi konsep Trisakti milik Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Soekarno. Konsep tersebut mengandung tiga hal, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang budaya.

Meski demikian, Arif menilai visi-misi Jokowi telah diterapkan sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Prabowo-Sandiaga baru mengimplementasikan Trisakti dalam visi-misi kali ini untuk menjelaskan seperti apa konsep Indonesia yang adil, makmur, religius, dan bermartabat.

Lebih lanjut, ada perbedaan signifikan di tingkatan program aksi Joko Widodo-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga. Arif menjelaskan, program aksi Jokowi-Ma’ruf saat ini lebih berjangka menengah dan panjang.

Sementara itu, program aksi Prabowo-Sandiaga lebih berjangka pendek. Arif mengatakan, program aksi Prabowo-Sandiaga berorientasi pada percepatan pembangunan. Pasalnya, program aksi itu dibentuk untuk mengambil ceruk pemilih yang kontras berbeda dengan Joko Widodo-Ma’ruf. “Sehingga pilihannya tergantung pada publik pemilih apakah akan berorientasi pada perubahan jangka pendek, menengah atau jangka panjang,” kata Arif.

Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti juga menilai visi-misi Joko Widodo-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga tak jauh berbeda. Menurut Ray, 80% visi-misi keduanya serupa.

Karenanya, Ray menilai Joko Widodo-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga perlu menjelaskan lebih teknis bagaimana upaya merealisasikan visi-misi mereka. Dengan demikian, publik bisa mengetahui apa saja perbedaan visi-misi kedua pasangan calon tersebut. “Mungkin harus dilihat dalam konteks mikro dan cara mereka menepati janji-janji yang dimaksudkan,” kata Ray.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap seputar news, bola/sports.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here