Berita Terupdate: Perbedaan Bendera HTI dengan Bendera Tauhid

0
14

Berita terupdate terkait bendera HTI. Eks Juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Ismail Yusanto, memastikan bendera yang dibakar di Garut bukanlah bendera HTI.

“Perlu saya tegaskan di sini bahwa yang dibakar itu bukanlah bendera Hizbut Tahrir Indonesia,” kata Ismail, Selasa (23/10/2018).

Menurut Ismail, bendera yang dibakar dalam video yang viral di media sosial itu merupakan Ar Roya (Panji Rasulullah), berwarna hitam dan bertuliskan kalimat Tauhid. “HTI tidak punya bendera,” tegasnya.

Di beberapa kegiatan HTI, sebelum akhirnya dibubarkan pemerintah, HTI kerap menggunakan bendera hitam berlafaz Tauhid dalam setiap aksinya.

Meski demikian, Ismail berdalih penggunaan bendera hitam berlafaz Tauhid atau Ar Roya dalam aktifitas HTI bagian dari dakwah mengenalkan umat tentang Ar Roya (panji).

Ar Roya merupakan simbol dari persatuan umat Islam yang diikat dengan kalimat Tauhid ‘Laa Ilaaha Illaallah Muhammadar Rosulullah’. Ar Roya juga bagian kecintaan umat kepada Rasulullah, dan semua umat Islam berhak mengibarkannya.

Atas dasar itu, Ismail menekankan tidak berarti mereka yang mengibarkan bendera hitam berlafaz Tauhid itu bisa dianggap bagian dari HTI. “Itu panji dan benderanya Rasulullah,” ujar Ismail.

Sementara itu, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soedarmo menegaskan di dalam bendera HTI, terdapat tulisan ‘Hizbut Tahrir Indonesia’ di bawah kalimat tauhid.

“Yang kami larang itu adalah bendera dengan simbol HTI, bukan bendera tauhid. Keduanya berbeda, kalau HTI ini mencantumkan tulisan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di bawah kalimat Laillahaillallah,” kata Soedarmo dikutib dari laman Kemendagri.

Simak terus berita terupdate lainnya seputar news, bisnis, showbiz dan bola!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here