Berita Terupdate : Tips Agar Lolos Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Kemenkum HAM 2017

0
23
Berita terupdate saat ini. Setelah merampungkan rangkaian seleksi administrasi hingga Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) yang cukup ketat, kini tiba pada pengumuman hasil SKD yang dapat diakses pada laman cpns.kemenkumham.go.id.
Menurut pengumuman yang diterbitkan pada laman kemenhumkam.go.id pada 20 September 2017 menyatakan, sebanyak 9.639 peserta lolos SKD dan diperbolehkan mengikuti seleksi tahap berikutnya yakni Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) yang jadwal pelaksanaannya akan diumumkann pada 4 Oktober 2017.
Menurut informasi yang didapatkan melalui unggahan resmi video Youtube Kemenhumkam bertajuk “Tanya Jawab Seputar #PejuangCPNS Episode 3” mengatakan bagi peserta yang lolos SKD diharapkan untuk mengikuti SKB melalui Commputer Assisted Test (CAT) dan wawancara. Sedangkan bagi Anda pelamar jabatan khusus pengelola Teknologi Informasi melakukan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) melalui Praktek Komputer dan wawancara yang akan dilaksanakan pada 12 hingga 13 Oktober mendatang di masing-masing provinsi.
Penentuan kelulusan didasarkan pada penguasaan dan pengetahuan terhadap masing-masing bidang jabatan yang Anda lamar. Sedangkan hasil tes akan langsung terlihat setelah menyelesaikan ujian SKB. Sedangakan jika nilai Anda rendah pada SKB, maka tak perlu khawatir karena masih ada tahapan selanjutnya yakni wawancara yang akan dilaksanakan pada 16-19 Oktober 2017 bertempat di DKI Jakarta dan sekitarnya.
Lantas apa yang diperlukan untuk menghadapi SKB?
1. Latihan
Sebelum hari H, sebaikanya gunakan waktu untuk latihan dan memperdalam masing-masing bidang yang dilamar. Semakin banyak persiapan yang dilakukan maka bekal yang disiapkan juga semakin baik.
2. Jaga Kesehatan
Menjaga kesehatan sangatlah penting dilakukan kala melalui tahapan seleksi ini. Karena pada tahap ini juga akan dilakukan pengamatan fisik dan keterampilan. Bagi pengamatan fisik akan dilakukan oleh penguji yang telah ditunjuk oleh panitia, sedangkan keterampilan yang akan diuji ialah keterampilan sesuai dengan kemampuan peserta masing-masing.
3. Persiapkan Mental
Banyak peserta yang gugur padahal telah mempelajari materi secara mendalam, hal ini dikarenakan persiapan mental yang tak maksimal. Selain fisik, persiapan mental juga tak kalah penting demi menunjang kesuksesan lolos SKB. Hal terebut dapat dimulai dengan menumbuhkan rasa percaya diri serta mengontrol rasa gugup saat mengerjakan soal-soal CAT hingga wawancara.
Pentingnya menjaga kesiapan mental ini juga dinyatakan oleh Priotomo Yani pada bukunya yang berjudul Philosophy of Bamboo, ” Seseorang yang tak mempersiapkan bekal mental yang kuat dan kukuh dalam hidupnya, diibaratkan seperti seorang yang mau berpergian jauh, tetapi ia tidak mempersiapkan atau membawa bekal yang lebih dari kebutuhan yang akan ia perlukan,ia hanya membawa bekal yang pas-pasan saja, tidak mempersiapkan bekal untuk kebutuhan yang tak teduga, untuk berjaga-jaga kalau-kalau ada sesuatu yang tidak diinginkan menimpa dirinya di tengah perjalanan yang harus dikeluarkan sebagai bekal.” jelasnya.
4. Minta Doa Restu
Tak kalah penting ialah meminta doa restu kepada kedua orang tua juga keluarga dekat. Semua usaha yang telah Anda lakukan ini tak akan berhasil tanpa doa orang terdekat dan restu keluarga.

Ilustrasi PNS berangkat kerja

Ilustrasi PNS berangkat kerja (Foto: ANTARA FOTO/Jojon)

 

Simak terus berita terupdate seputar cpns lainnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here