Jelang Munas Golkar, Bamsoet Ditantang Mundur dari MPR

0
6
Munas Golkar di www.kumparan.com
Munas Golkar di www.kumparan.com

Bambang Soesatyo menjadi salah satu kandidat dalam pemilihan ketua umum di Munas Golkar. Ketua Fraksi Golkar MPR Idris Laena menilai seharusnya Bamsoet mundur dari jabatan Ketua MPR.

Seperti diketahui, Bamsoet memutuskan untuk ikut meramaikan Munas Golkar sebagai kandidat ketum bersaing dengan Airlangga Hartarto dan kandidat lainnya.

“Seyogyanya jika menyatakan akan maju dalam kontestasi dan menantang ketua umum yang telah memberi kepercayaan, maka seharusnya mengundurkan diri dari jabatannya,” kata Idris, Minggu malam, 1 Desember 2019.

Idris mengatakan bagaimana pun alat kelengkapan DPR dan MPR merupakan perpanjangan partai di parlemen. Menurutnya, kader yang telah diberi tugas harus menjaga etika dan kepercayaan tersebut.

Anggota DPR dari Riau ini pun menyinggung prinsip PDLT yang ada di partai beringin, yakni Prestasi, Dedikasi, Loyalitas, dan Tak Tercela. Dia terutama menekankan loyalitas sebagai prinsip yang penting untuk terus dipegang.

“Sampai laporan pertanggungjawaban ketua umum dan dinyatakan demisioner diterima dan disahkan dalam munas, maka tanggung jawab kepengurusan masih ada di tangan ketua umum,” ujarnya.

Idris mengakui kemungkinan adanya desakan untuk mencopot Bamsoet dari posisi ketua MPR setelah mencalonkan diri dalam Munas Golkar. Namun dia mengklaim tak tahu apakah keputusan itu akan diambil oleh Airlangga Hartarto.

“Tergantung kebijakan partai. Sejauh mana ini dianggap tidak loyal,” ucapnya.

Sebelumnya, Bamsoet mengaku telah mengkalkulasi kekuatan dan segala kemungkinan, termasuk kemungkinan dirinya dicopot dari kursi ketua MPR.

Berita TerkiniJokowiPolriPolda Metro JayaTNIKebakaranKecelakaan Lalu LintasPembunuhanPemerkosaanPerampokanPenganiayaanBegalPelecehan SeksualKekerasan AnakGempaGanjil GenapAnies BaswedanJakartaTolPilkada Serentak 2020Ridwan KamilEdy RahmayadiGanjar PranowoKhofifah Indar ParawansaGempa BumiWisataPilkadaPilwakotPilkada 2020Pilpres 2024Kabinet Jokowi Jilid IIMunas GolkarNadiem MakarimAmandemen UUD 1945Pemilu AS 2020BrexitKPKOTT KPKAntam NovambarSetya NovantoCPNSPertaminaDolar ASRupiahLowongan KerjaHarga EmasSusi PudjiastutiSEA Games 2019Liga InggrisLiga ItaliaLiga EuropaLiga ChampionsPSSICristiano RonaldoMohamed SalahLiga 1Timnas IndonesiaMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib BandungCollectionkumparanDerma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here