Pemkot Bekasi Akui Berikan Surat Tugas Kelola Parkir ke Ormas

0
17
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi membenarkan adanya ‘surat tugas’ kepada ormas untuk mengelola parkir minimarket. Surat tugas yang dikeluarkan melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bekasi dan dievaluasi setiap bulan.

“Kalau penugasan dari Bapenda itu biasanya paling lama sebulan. Sebulan dievaluasi sebulan dievaluasi, kalau ternyata masih memegang sudah tidak berlaku artinya sudah tidak berlaku lagi,” kata Rahmat kepada wartawan di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Selasa (5/11/2019).

Rahmat mengatakan, anggota ormas dibekali surat tugas tersebut agar dapat mengkoordinir parkir minimarket di Bekasi. Terutama terkait masalah retribusi di lahan parkir tersebut.

Untuk diketahui, sebelumnya, terjadi percekcokan antara ormas GIBAS dengan pihak minimarket soal surat tugas. GIBAS saat itu diketahui membawa surat tugas yang masa berlakunya kedaluwarsa, sehingga ditolak oleh minimarket di Bekasi tersebut.

Akan tetapi, terkait hal itu Rahmat mengatakan pihaknya akan mengevaluasi kembali surat tugas tersebut. Ia juga mengkhawatirkan adanya tindakan intimidasi dari ormas karena surat tugas itu.

“Nah makanya bisa dilihat nanti, biasanya paling lama penugasannya sebulan evaluasi, sebulan evaluasi. Kan khawatir ada hal-hal yang berkenaan dengan penekanan, jadi kondisi juga nggak bagus, apalagi di tempat-tempat yang setiap detik itu ada publik melakukan interaksi transaksi kayak di Indomaret, Alfamart, restoran,” sambungnya.

Rahmat juga mengakui soal instruksi kepada minimarket untuk bekerja sama dengan ormas dalam hal pengelolaan parkir tadi.

“Kalau kerjasama itu tadi, kalau di Indomaret, Alfamart itu tidak bisa ditarik retribusi, itu harus ditarik pajak. Kalau ditarik pajak itu harus badan hukum, kalau badan hukum itu ada perusahaan, ada CV, ada koperasi atau perorangan, harus memenuhi syarat, ada izin pengelolaan parkir, ada NPWP, ada macem-macem,” bebernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here