Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat MPASI untuk Anak

0
134
MPASI
MPASI terlengkap di kumparan.com

Tahukan Anda kalau si kecil sudah bisa diberi Makanan Pendamping ASI atau MPASI sejak ia berusia 6 bulan? Untuk itu, Bunda harus mulai memberi makanan tambahan sebagai pendamping ASI untuk si kecil.

Saat si kecil sudah bisa diberi MPASI, ia akan menunjukkan beberapa tanda kalau ia lapar dan sudah siap makan. Tanda tersebut di antaranya anak sudah bisa menegakkan kepala, sering membuka mulut, dan memasukkan sesuatu ke mulutnya. Kemudian, produksi air liurnya meningkat.

Menurutnya, tujuan pemberian MPASI adalah untuk memberi dan melengkapi nutrisi anak sekaligus melatih refleks makannya. Misalnya saja refleks mengisap, menelan, menggapai, dan memegang sehingga anak dapat terstimulasi melalui aktivitas itu.

Untuk itu, saat membuat makanan pendukung ASI untuk si kecil, Bunda harus memperhatikan beberapa hal seperti kebersihan alat yang digunakan dan cara membuat serta melarutkan MPASI.

Yang terpenting juga adalah sumber air bersih saat penyajian MPASI. Air yang dicampurkan ke dalam MPASI juga harus benar diperhatikan seperti harus sudah masak, kualitasnya terutama kebersihan, steril dari bakteri jahat, virus, parasit, jamur, dan juga dari partikel-partikel dan mineral yang tidak perlu atau berlebih

Ada banyak sumber air yang bisa dipilih dalam membuat MPASI, misalnya air mineral, air PAM, hingga air demineral. Namun, Bunda harus memastikan agar kandungan dalam makanan pendukung ASI tidak tercampur dengan kandungan dari air yang digunakan.

Untuk menjaga kebersihan dan kemurnian air yang digunakan dalam memasak dan melarutkan MPASI, bunda bisa memilih Morinaga Heiko+ Water. Air demineral ini telah diproses dengan 7 tahap teknologi penyaringan air. Di antaranya aseptik filling, magnet trap, dan multistage filtration.

Selain itu, Morinaga Heiko+ Water juga sudah melewati proses UHT sehingga Bunda tidak perlu mendidihkannya lagi. Air demineral ini pun murni dan bebas mineral sehingga tidak menambah jumlah mineral yang memang sudah ada pada makanan pendukung ASI.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Berita IndonesiaAnakBayiIHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here