5 Jenis Kontraksi Pada Ibu Hamil dan Cara Membedakannya

0
24
ibu hamil
ibu hamil terlengkap di kumparan.com

Pada ibu hamil mengalami kontraksi merupakan hal yang wajar terjadi dan harus siap menghadapinya. Kontraksi sendiri pada dasarnya tidak hanya terjadi sebelum proses melahirkan saja. Ada beberapa jenis kontraksi yang akan dirasakan oleh ibu dari awal kehamilan hingga akhir kehamilan sebelum melahirkan.

Kontraksi – kontraksi tersebut terbagi menjadi lima jenis dan terdapat perbedaan antara kontraksi satu dengan yang lainnya. Berikut ini dapat kita simak penjelasannya satu persatu dengan tata cara membedakan antar kontraksi.

1. Kontraksi Braxton-Hicks

Kontraksi Braxton-Hicks merupakan kontraksi palsu yang terjadi pada ibu hamil dengan usia kandungan 6 bulan. Kontraksi ini tidak menimbulkan rasa sakit yang begitu kuat seperti saat kontraksi melahirkan. Umumnya Kontraksi Braxton-Hicks disebabkan oleh rasa kelelahan dan dehidrasi pada ibu yang sedang mengandung.

Supaya tidak keliru membedakanya antar kontraksi, berikut ini gejala yang timbul pada Kontraksi Braxton-Hicks:

  • Kontraksi tidak terasa sakit melainkan tidak nyaman.
  • Kontraksi muncul pada waktu yang berbeda-beda.
  • Kontraksi dapat mereda ketika posisi badan dibaringkan.
  • Kontraksi menimbulkan rasa tidak enak pada daerah selangkangan dan tubuh bagian depan.

2. Kontraksi persalinan prodromal

Kontraksi persalinan prodromal merupakan jenis kontraksi yang akan di alami oleh ibu hamil pada waktu seminggu atau dua minggu sebelum proses melahirkan terjadi. Kontraksi ini terjadi disebabkan oleh adanya perubahan posisi bayi dari atas menuju posisi bawah. Perubahan posisi seperti ini normal terjadi dan memudahkan ibu hamil dalam proses persalinan.

Pada kontraksi prodromal ibu hamil akan merasakan kontraksi yang kuat dan menyakitkan. Namun, tidak lebih menyakitkan dibanding kontraksi bersalin. Ciri yang dapat dikenali dari kontraksi ini adalah tidak adanya perubahan pada mulut rahim dan semakin lama kontraksi semakin kuat dirasakan.

3. Kontraksi sesaat sebelum melahirkan (early labour)

Kontraksi early labour merupakan kontraksi yang terjadi sesaat sebelum ibu benar-benar akan melahirkan. Kontraksi ini ditandai dengan melebarkan mulut rahim hingga beberapa inci. Pada saat kontraksi early labour terjadi, sebaiknya langsung dilarikan pada rumah sakit agar mempermudah proses lahiran.

Ibu hamil yang merasakannya kontraksi early labour memiliki tingkat kesakitan yang berbeda. Namun, beberapa ciri di bawah ini dapat muncul:

  • Nyeri pada punggung.
  • Frekuensi nafas semakin cepat.
  • Tubuh mulai mengalami rasa sakit dari belakang ke depan.
  • Frekuensi kontraksi lebih lama.
  • Mengalami kram yang sangat kuat pada perut bagian bawah.

4. Kontraksi aktif

Kontraksi aktif merupakan kontraksi yang terjadi pada saat proses persalinan berlangsung. Pada tahap ini kontraksi dapat membuka rahim hingga pada lebar 10 cm agar mempermudah bayi lahir secara normal. Tanda dari adanya kontraksi ini adalah rasa sakit yang begitu hebat dan kuat dari pada kontraksi yang terjadi sebelumnya.

Selain itu kontraksi aktif pun memberikan efek sakit pada daerah punggung dan menjalar pada kaki. Umumnya kontraksi ini terjadi selama 1 menit dengan jeda 2-3 menit dan kemudian akan berlangsung berulang-ulang sampai bayi keluar.

5. Kontraksi inersia

Kontraksi inersia merupakan jenis kontraksi yang terjadi pada ibu hamil pada proses persalinan yang lemah, pendek dan tidak sesuai dengan fase persalinan. Kontraksi ini disebabkan oleh adanya kelainan fisik pada ibu, seperti kurangnya asupan gizi dan nutrisi, anemia dan hepatitis.

Kontraksi inersia terbagi menjadi dua jenis, yakni pada tingkatan primer dan sekunder. Pada kontraksi inersia primer, ibu tidak akan merasakan kontraksi saat fase persalinan berlangsung. Sedangkan, kontraksi inersia sekunder merupakan kontraksi yang terjadi sebelum persalinan dengan awal yang kuat, bagus dan stabil, kemudian kontraksi tersebut akan hilang dengan sendirinya pada saat persalinan.

Nah, itulah lima jenis kontraksi yang terjadi pada ibu hamil. Untukmu yang sedang hamil jangan sampe keliru yah membedakan jenis kontraksinya.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Berita IndonesiaAnakBayiIHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here