Makanan Super untuk Mendukung Kesehatan dan Perkembangan Anak

0
110
anak
anak terlengkap di kumparan.com

Sebagai orangtua, Anda tentunya ingin selalu memberikan makanan yang bergizi untuk anak dalam rangka mendukung tumbuh kembangnya. Agar anak dapat tumbuh dengan sehat, mereka memerlukan vitamin, nutrisi, protein, kalsium yang bisa didapatkan dari sayur, buah, maupun daging. Inilah delapan makanan untuk buah hati Anda yang telah direkomendasikan oleh dokter dan ahli nutrisi seperti yang dilansir dari Baby Center.

1. Blueberry

Buahberry mengandung antioksidan dan flavonoid yang baik untuk mata, otak, bahkan saluran kencing buah hati Anda. Flavonoid berfungsi untuk menangkal radikal bebas, terhindar dari penyakit, menghindari tumpukan lemak berlebih di pembuluh darah, penolak alergi, anti diare dan menjaga kekebalan tubuh. Untuk memberikan anak buah berry, Anda bisaa menghancurkan berry telebih dahulu untuk menjadi campuran pada makanan atau dimakan langsung.

2. Kacang-kacangan

Tumbuhan yang dikelompokkan sebagai kacang-kacangan dan polong-polongan ini mengandung banyak protein dan serat yang dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan anak Anda. Jenis kacang-kacangan ini merupakan sumber antioksidan yang baik, sehingga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang mengandung klorofil mengandung banyak vitamin, serat dan protein yang bagus untuk perkembangan anak. Klorofil dapat berfungsi untuk mendorong proses detoksifikasi, kandungan vitamin K yang ada dalam sayuran hijau juga bisa berfungsi untuk pembentukan tulang. Anda bisa memberikan sayuran hijau seperti bayam, sawi, kale, dan lain-lain. Mengonsumsi sayuran hijau secara rutin bisa juga meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

4. Brokoli

Brokoli mengandung banyak serat, kalsium dan folat. Bahkan sayuran yang ini bisa mencegah kanker. Brokoli juga mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan mengatasi sembelit karena kandungan seratnya. Selain itu, brokoli juga bisa menjaga kesehatan pencernaan, mencengah penyakit jantung, memelihara kesehatan tulang, dan lain-lain. Kenalkan buah hati Anda dengan sayuran hijau sedini mungkin, agar sang anak gemar mengonsumsi sayuran di kemudian hari.

5. Alpukat

Hampir semua ibu pasti sudah mengetahui soal manfaat buah alpukat untuk buah hati Anda. Tekstur alpukat yang mirip seperti mentega ini mudah dimakan oleh mereka, apalagi kandungan lemak sehatnya dapat meningkatkan perkembangan otak sang buah hati. Alpukat juga mengandung kalium yang dapat menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh anak. Alpukat pun mengandung lutein yang dapat menjaga fungsi mata mereka. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E dan B6 yang berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh dan pembentukan sel darah merah.

6. Daging Merah

Tidak perlu khawatir memberikan anak Anda daging merah selama porsinya masih dalam batas kewajaran. Daging mengandung zinc dan zat besi yang baik untuk perkembangannya. Jika anak kekurangan zat besi, akan mengganggu sel-sel otak dan terjadi gangguan kognitif. Kandungan zinc yang terdapat pada daging merah juga bisa menyembuhkan penyakit diare anak serta bisa menjaga metabolisme buah hati. Anda bisa merebus daging hingga lunak lalu suir atau potong dengan ukuran kecil.

7. Kismis

Anda bisa memberikan kismis ke buah hati sebagai camilan atau campuran di makanan selingannya. Kismis ini baik untuk anak karena mangandung protein. Protein berfungsi sebagai pembentukan gigi, struktur tulang dan rambut selain itu dapat membantu penglihatan mata. Selain kismis, Anda bisa mendapatkan protein dari telur, ikan, susu dan lain-lain.

8. Jeruk Mandarin

Buah jeruk kaya oleh vitamin c dan antioksidan. Vitamin C berguna membantu membentuk dan memperbaiki sel-sel darah merah, tulang, dan jaringan tubuh. Hal ini akan menjaga gusi anak tetap sehat dan memperkuat pembuluh darah. Anda bisa menyajikan jeruk mandarin untuk camilan buah hati Anda.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ayu Ting Ting, Luna Maya, Syahrini, Berita IndonesiaAnakBayiIHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASTiket PesawatOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here