Biang Keringat Sampai Jerawat, Ini Lho Berbagai Masalah Kulit Bayi

0
38
bayi
bayi terlengkap di kumparan.com

Kulit bayi tidak selalu semulus seperti yang ada di iklan TV. Mereka juga bisa mengalami berbagai macam masalah kulit. Namun tentu masalah kulit yang dialami si buah hati berbeda dengan masalah kulit yang dialami orang dewasa.

Biasanya masalah kulit pada bayi disebabkan oleh banyak faktor, baik itu turunan atau juga faktor lainnya, seperti lingkungan atau alergi. Hal-hal yang tanpa disadari pun bisa jadi penyebab masalah kulit pada anak, misalnya detergen pakaian hingga asupan makanan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini berbagai masalah kulit yang bisa dialami bayi

1. Jerawat

Jerawat bukan saja dialami orang dewasa, bayi juga bisa mengalaminya. Biasanya jerawat lebih banyak ditemukan pada anak laki-laki, karena kelenjar pada laki-laki lebih sensitif dan tentu saja hormonnya berbeda dari anak perempuan.

Tapi jangan disamakan dengan jerawat pada anak remaja, sebab bentuk dan cara penangannya sangat berbeda. Jerawat pada bayi setelah lahir akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan, sedangkan anak remaja jika ingin menghilangkan jerawatnya harus ada penanganan lebih lanjut.

2. Ruam Popok

Ruam popok umumnya terjadi karena bayi sering buang air besar dan kecil, banyak terjadi gesekan pada selangkangan bayi karena popok yang kurang pas, atau bisa juga karena jamur. Biasanya ruam popok terjadi pada anak yang berkulit sensitif pada bagian pantat dan paha bayi.

Untuk mencegahnya pastikan kulit bayi benar-benar kering sebelum memakaikannya pakaian. Selain itu dari sisi pakaian, jangan pakaikan bahan pakaian yang sintetis, melainkan cari bahan pakaian yang dapat menyerap keringat bayi.

Selain itu Bunda juga bisa memakaikan MY BABY Diaper Rash Cream, dengan formulanya yang berfungsi melindungi kulit sensitif bayi dari kemerahan akibat ruam popok, udara panas, dan bakteri penyebab iritasi.

3. Biang Keringat

Biang keringat biasanya terjadi karena cuaca dan kelembapan yang menyebabkan bayi sering berkeringat. Tapi keringat juga bisa muncul karena bayi menggunakan pakaian yang kurang tepat, seperti terlalu ketat atau tebal.

Untuk mengatasinya Bunda bisa menggunakan bedak agar kulit anak tetap lembap. Bedak juga tak hanya bisa menyerap, tapi juga bisa membuat kulitnya tetap wangi. Selain itu pemakaian bedak bisa mempererat bonding antara ibu dan si kecil karena terjadi sentuhan kulit ke kulit.

Sebagai referensi bedak, Bunda bisa memilih MY BABY Powder Telon Plus. Bedak ini juga terbilang unik karena memadukan wangi Telon Plus di dalam bentuk powder.

Sebelum memakaikan bedak, keringkan kulit si kecil terlebih dahulu. Kemudian gunakan bedak di area yang tepat dan sering berkeringat, seperti leher, ketiak, dada, dan punggung. Ingat Bun, jangan gunakan bedak di area genital, ya!

Memakaikan bedak pun harus dilakukan dengan menuangkan bedak ke telapak tangan Bunda terlebih dahulu, lalu baru ratakan bedak di kulit si kecil. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari bedak terhirup oleh si kecil.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ayu Ting Ting, Luna Maya, Syahrini, Berita IndonesiaAnakBayiIHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASTiket PesawatOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here