4 Karakter yang Penting untuk Masa Depan Anak Anda

0
150
Seputar anak terlengkap di kumparan.com
Seputar anak terlengkap di kumparan.com

Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk mendukung pertumbuhan sang anak. Pastinya, orangtua berharap si Kecil tumbuh menjadi anak yang hebat dan bisa sukses di masa depan.

Apalagi di tengah dunia yang mengalami kemajuan pesat dan hadirnya berbagai teknologi bisa menjadi persaingan yang ketat. Sang anak yang termasuk dalam Generasi Alpha (kelahiran tahun 2010-2025) akan bersaing dengan mendapatkan tantangan dan kesempatan baru.

Ditambah di masa depan nanti diperkirakan akan ada banyak profesi baru yang akan hadir. Jadi, sang anak perlu memiliki kemampuan belajar progresif agar bisa terus menghadapi tantangan dan kesempatan tersebut.

Nah selain memiliki kemampuan belajar progresif, untuk meraih sukses di masa depan, si Kecil juga harus memiliki 4 karakter penting ini Mams. Apa saja sih karakter penting yang dimaksud? Cek di sini yuk.

1. Ekspolorasi

Eksplorasi penting banget Mams untuk si Kecil. Dengan si Kecil berani bereksplorasi membuatnya menjadi banyak tahu hal-hal baru. Apalagi di masa depan, generasi alpha akan bersaing ketat baik dengan masyarakat global ataupun robot. Mams ingin mendukung si Kecil untuk berani bereksplorasi? Mudah banget kok Mams.

2. Berpikir kritis

Berpikir kritis, seperti apa sih? Karakter berpikir kritis si Kecil ditunjukan dari kemampuannya bereaksi dalam hal melihat apa yang terjadi di sekitarnya. Berpikir kritis ini bisa Mams latih melalui berbagai hal. Misalnya mengajak si Kecil untuk menonton suatu pertunjukan sulap atau yang lainnya. Dengan begitu, si Kecil dilatih untuk menebak apa yang dilakukan di pertunjukan tersebut.

3. Empati

Anak hebat nggak akan cuek pada sekitarnya, ia pasti punya empati yang tinggi. Meski persaingan di masa depan tinggi, sikap dan karakter empati tetap penting juga Mams. Mams bisa mengajari empati pada si Kecil dari lingkup keluarga terlebih dahulu. Misalnya dengan mengajari si Kecil untuk peduli pada kakak/adiknya, dan Mam serta Pap kompak menjadi contoh yang baik untuknya.

4. Jiwa Kepemimpinan

Berkarakter memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership penting bagi masa depan si Kecil. Karena anak generasi alpha kelak harus mampu memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain. Berani mengutarakan pendapatnya kepada Mams dan orang sekitar, ini merupakan salah satu tanda jika si Kecil memiliki jiwa leadership yang baik dalam memimpin dirinya sendiri maupun orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here